Sabtu, 23 Oktober 2010

SUP UDANG

Resep ini mirip dengan resep Hot & Sour Soup yang sering saya buat; bedanya, kalau yang biasa saya buat saya asal cemplung-cemplung tanpa tahu ukuran buat kandungan kalori, protein, maupun karbohidratnya, resep dibawah ini berdasarkan catatan ibu mertua; dengan kata lain, ukuran tepat dengan resep yang ada, tidak asal cemplang-cemplung, dan karena ini merupakan resep untuk diet, satu porsinya berdasarkan catatan, mengandung 0,5 g karbohidrat. Resep dibawah ini untuk 6 porsi.
  • 225 gram udang besar (segar maupun beku; kalau segar biasanya masih ada kulitnya, simpan buat kaldu, sedangkan kalau beku biasanya tinggal kulit bagian buntutnya, jangan dikupas!)
  • 2 batang sereh
  • 1 1/2 l kaldu sayuran (vegetable stock)
  • 4 lembar daun jeruk purut (saya pakai yang kering)
  • 2 cm jahe, kupas kulit, iris bebas
  • 4 sdm saus ikan
  • 4 sdm air perasan jeruk nipis (seharusnya yang segar, tapi saya pakai yang botolan siap pakai)
  • 2 siung bawang putih (saya ganti dengan 1 sdm cincangan bawang putih siap pakai; bisa dibeli di supermarket)
  • 6 batang daun bawang/bawang prey (saya hanya pakai 2), iris tipis
  • 1 cabai rawit pedas, buang bijinya, iris (saya pakai 3 dan tidak saya buang bijinya, iris)
  • 115 g jamur oyster, iris (saya pakai 175 g)
  • daun ketumbar cincang, untuk taburan
Cara Membuat
  • Jika memakai udang segar, ambil kulitnya, dan masukkan ke panci
  • Keprek sereh dan masukkan ke panci bersamaan dengan kaldu sayuran, daun jeruk serta jahe
  • Didihkan kaldu, turunkan panas kompor, dan biarkan selama 20 menit.
  • Saring kaldu dan buang kulit udang, daun jeruk serta jahe
  • Masukkan saus ikan, air jeruk nipis, bawang putih, daun bawang, cabai, serta jamur. Didihkan kembali. Turunkan panas kompor, tutup panci dan biarkan selama 5 menit
  • Masukkan udang dan masak selama 2-3 menit
  • Sajikan dengan ditaburi cincangan daun ketumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar